Apa perbedaan accrual basis dan cash basis ? Apa pengertian metode akrual basis dan kas basis ?

Accrual Basis Accounting VS Cash Basis Accounting

Ada dua macam basis akuntansi dipergunakan secara luas, yaitu basis akrual dan basis kas. Dalam akuntansi berbasis akrual, pengaruh dari kejadian usaha langsung diamati pada saat terjadinya. Jika suatu usaha memberikan suatu jasa, melakukan penjualan atau menyelesaikan suatu beban, transaksi tersebut akan dicatat di dalam buku tanpa memperhatikan apakah uang kas sudah diterima atau belum, atau apakah kas sudah dikeluarkan atau belum. Sedangkan dalam akuntansi berbasis kas, pencatatan suatu transaksi belum dicatat bila uang kas belum diterima atau dikeluarkan. Penerimaan kas akan diperlakukan sebagai pendapatan, sedangkan pembayaran kas akan diperlakukan sebagai beban.

Misalkan, seorang pelanggan pada tanggal 1 Oktober 2015 membayar uang sebesar $ 15,000 untuk tinggal di Grand Hyatt Hotel selama 6 bulan. Menurut SAK (standar Akuntansi Keuangan), perusahaan diharuskan menggunakan basis akrual. Hal ini berarti pendapatan diakui dan dicatat pada saat terjadinya pendapatan dan beban diakui dan dicatat pada saat terjadinya beban. Dengan menggunakan akuntansi berbasis akrual, sebuah perusaahan (misalnya Nicholas) mencatat suatu pendapatan pada saat ia memberikan jasanya kepada klien, walaupun jasa tersebut diberikan secara kredit. Dalam situasi ini Nicholas telah menghasilkan suatu pendapatan karena usahanya telah menghasilkan suatu piutang, yaitu suatu tuntutan sah secara hukum kepada klien yang telah menerima hasil kerja Nicholas. Sebaliknya, jika Nicholas menggunakan akuntansi berbasis kas, ia tidak akan mencatat pendapatan pada saat terjadinya transaksi, melainkan ia akan mencatat pada saat ia menerima kas.

Manfaat akuntansi berbasis akrual

Apakah keuntungan dari akuntansi berbasis akrual / kelebihan akuntansi berbasis akrual ?

Misalkan, periode akuntansi dari usaha Nicholas berakhir setelah ia menghasilkan pendapatan tetapi sebelum ia menerima uag kas yang menjadi haknya. Jika ia menggunakan metode berbasis kas, maka pendapatan dan juga piutang yang berasal dari transaksi diatas tidak akan dimasukkan ke dalam laporan keuangan periode berjalan. Akibatnya pendapatan dan piutang akan lebih rendah nilainya, sehingga usaha tersebut akan kelihatan kurang berhasil dibandingkan dengan kenyataan yang sebenarnya. Akibatnya laporan keuangan tersebut akan menyesatkan pemakainya. Jika Nicholas ingin mendapatkan pinjaman dari bank, maka gambaran pendapatan dan aktiva yang lebih rendah ini akan mengurangi kesempatan untuk memperluas usahanya.

Jika Nicholas menggunakan akuntansi berbasis akrual, maka beban juga akan diperlakukan sama. Misalnya, beban gaji yang dianggap sebagai beban untuk periode berjalan adalah jumlah gaji yang telah dibayarkan pada para pegawai ditambah jumlah gaji yang terutang dan belum dibayarkan. Penggunaan jasa para pegawai akan membuat terjadinya beban, bukan pembayaran kas pada pegawai. Dengan akuntansi berbasis kas, Nicholas akan mencatat beban gaji hanya jika ia telah membayarkan uang kas kepada para pegawai.

Misalnya, Nicholas berhutang membayar gaji kepada sekretarisnya, dan laporan keuangan telah disusun sebelum Nicholas membayar gaji tersebut. Dengan akuntansi berbasis kas, Nicholas tidak akan mencatat transaksi ini. Akibatnya, beban dan hutang akan lebih rendah nilainya sehingga usahanya tampak lebih berhasil dibandingkan dengan keadaan yang sebenarnya. Informasi yang kurang lengkap ini dapat menyesatkan calon kreditur yang potensial.

Sebagaimana ditunjukkan dalam contoh tersebut, akuntansi berbasis akrual memberikan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan akuntansi berbasis kas. Hal ini penting karena semakin lengkap suatu data maka semakin baik pula peralatan yang dipergunakan oleh para pengambil keputusan untuk mendapatkan kesimpulan mengenai kesehatan keuangan perusahaan dan prospeknya di masa depan. Tiga buah konsep yang dipergunakan dalam akuntansi akrual adalah periode akuntansi, prinsip pendapatan dan prinsip pemaduan.

Nah itulah perbedaan accrual basis dan cash basis. Semoga kamu paham mengenai pengertian akrual basis dan kas basis serta pencatatan akrual basis dan kas basis ya kawan :)