Materi aset moneter dan non moneter ini akan menjelaskan perbedaan aset moneter dan nonmoneter / perbedaan aktiva moneter dan non moneter / pengertian aset moneter dan nonmoneter.

Perbedaan Aktiva Moneter dan Non Moneter

Apa perbedaan aset moneter dan nonmoneter ?

Aktiva Moneter

Pengertian aktiva moneter / definisi aktiva moneter adalah aktiva yang mempunyai klaim untuk menerima sejumlah manfaat rupiah di masa yang akan datang tanpa perlu memperdulikan perubahan daya beli uang yang terjadi. Contoh aktiva moneter adalah deposito, kas, investasi dalam obligasi, piutang wesel, piutang dagang dan uang muka jaminan kontrak.

Aktiva Non Moneter

Pengertian aktiva non moneter adalah aktiva yang mengandung jumlah unit rupiah yang bisa berubah sewaktu-watu seiring berjalannya waktu. Contoh aktiva non moneter adalah persediaan barang dagangan, fasilitas fisik pabrik, investasi dalam saham dan goodwill.

Pos Moneter dan Nonmoneter

Perbedaan klasifikasi antara pos moneter dan pos non moneter secara umum ditandai dengan adanya daya beli dan harga.

  • Pos non moneter berhubungan dengan aliran potensi jasa fisik (non kas). Untung / rugi yang dihasilkan dari fluktuasi harga selalu berhubungan dengan pos non moneter.
  • Pos moneter berhubungan dengan aliran kas. Untung / rugi yang dihasilkan dari pengaruh daya beli akan selalu berhubungan dengan penahanan pos moneter.

Itulah beberapa perbedaan aktiva moneter dan non moneter yang perlu kamu ketahui. Lihat juga jenis perubahan harga :)