Apa perbedaan antara aktivitas operasi aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan ? Apa pengertian dan contoh aktivitas operasi investasi dan pendanaan ?

Perbedaan Aktivitas Operasi Investasi dan Pendanaan

Laporan arus kas mengklasifikasikan penerimaan kas dan pembayaran kas menurut aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Perbedaan aktivitas operasi investasi dan pendanaan adalah sebagai berikut :

  • Aktivitas operasi melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang masuk kedalam penentuan laba bersih, seperti penerimaan kas dari penjualan barang dan jasa dan pembayaran kas kepada pemasok dan karyawan untuk akuisisi persediaan dan beban.
  • Aktivitas investasi pada umumnya melibatkan aktiva jangka panjang dan mencakup (a) memberikan dan menagih pinjaman, dan (b) mengakuisisi dan melepaskan investasi dan aktiva jangka panjang yang produktif.
  • Aktivitas pendanaan melibatkan pos-pos kewajiban dan ekuitas pemilik yang mencakup (a) mendapatkan dari kreditor dan membayar kembali jumlah yang dipinjam, dan (b) mendapatkan modal dari pemilik dan memberikan kepada mereka investasi kembali dan hasil pengembalian atas investasi mereka.

Contoh Aktivitas Operasi Investasi dan Pendanaan

Berikut ini adalah gambar klasifikasi aktivitas pada laporan arus kas  :

perbedaan aktivitas operasi investasi dan pendanaan

Semoga kalian paham mengenai perbedaan aktivitas operasi investasi dan pendanaan dalam laporan arus kas ya kawan ! Baca juga tujuan dan manfaat laporan arus kas :)