Materi akuntansi kali ini akan menjelaskan perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen & perbedaan akuntansi biaya dengan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen / perbedaan akuntansi manajemen akuntansi keuangan dan akuntansi biaya.

Perbedaan Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen

Apa perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen ?

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang pengertian akuntansi biaya, yang meliputi pencatatan, penghitungan, pengevaluasian sampai pelaporan biaya pokok suatu produk yang berguna bagi pihak manajemen perusahaan untuk dapat mengambil keputusan bisnis secara efektif dan efisien. Lalu apa pengertian dan kedudukan akuntansi biaya di antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen ?

  • Akuntansi Biaya berfokus untuk menghitung biaya suatu produk yang mengandung unsur bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik, serta memusatkan pada akumulasi biaya, penilaian persediaan dan perhitungan serta penetapan harga pokok suatu produk, ingat hanya menekankan pada sisi BIAYA.
  • Akuntansi Manajemen lebih berfokus pada penggunaan data akuntansi untuk pengambilan keputusan bisnis, menekankan pada aspek PENGENDALIAN manajemen atas biaya.
  • Akuntansi Keuangan berfokus pada proses PENYUSUNAN laporan keuangan yang akan diberikan pada pemilik perusahaan.

Nah semoga kamu paham akan maksud dan perbedaan antara akuntansi biaya akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen :) Lihat juga perbedaan biaya langsung dan tidak langsung.