perbedaan audit internal dan external – perbedaan audit internal eksternal

Untuk menguji tingkat keakuratan dari pencatatan akuntansi, kebanyakan perusahaan melakukan audit secara periodik. Audit adalah suatu sistem pengujian terhadap laporan keuangan perusahaan dan system akuntansinya. Audit dapat internal ataupun eksternal.

Perbedaan Audit Internal dan Eksternal

Apa pengertian audit internal dan eksternal ? Apa perbedaan audit internal dan eksternal dari beberapa sudut pandang ?

Perbedaan audit internal dan eksternal adalah adalah sebagai berikut :

Audit internal adalah karyawan perusahaan yang mengaudit berbagai segmen dari organisasi untuk memastikan bahwa para karyawan mematuhi kebijakan-kebijakan perusahaan dan operasi perusahaan berjalan secara efisien.

Audit eksternal adalah audit terpisah dari perusahaan yang disewa oleh perusahaan untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan yang disusun telah mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.

  • Dokumen-dokumen dan catatan-catatan

Dokumen-dokumen dan catatan-catatan snagatlah bermacam-macam, dari dokumen sumber seperti faktur penjualan dan order pembelian, hingga jurnal-jurnal khusus dan buku-buku besar pembantu. Dokumen-dokumen harus diberi nomor kehilangan/kesenjagan pada urutan penomoran itu menandakan adanya dokumen yang hilang.

  • Peralatan elektronik dan pengendalian komputer

Komputer menjadikan seorang programmer sebagai focus pengendalian internal, karena dia yang bertanggang jawab terhadap pembuatan program perusahaan.

Semoga artikel perbedaan audit internal dengan audit eksternal ini bermanfaat bagi para pembaca materiakuntansi.com

Baca juga pengertian pengendalian internal & pengertian sistem akuntansi manual