Materi audit kali ini akan menjelaskan perbedaan proses audit keuangan audit kepatuhan dan audit kinerja / perbedaan audit operasional dan audit ketaatan.

Perbedaan Audit Kepatuhan dan Audit Operasional

Apa perbedaan audit operasional dan audit kepatuhan ?

Audit kepatuhan (compliance audit) dan audit operasional (operational audit) merupakan audit yang berfokus pada kinerja entitas suatu organisasi bisnis Audit operasional juga dikenal dengan sebutan audit manajemen.

Perbedaan audit kepatuhan dan audit operasional sebenarnya bisa dengan sangat mudah untuk kita pahami lewat pengertiannya. Audit kepatuhan adalah audit yang bertujuan untuk memutuskan apakah entitas yang akan diaudit sudah sesuai atau tidak dengan peraturan tertentu atau kondisi yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan audit operasional adalah proses evaluasi secara sistematik dan berkelanjutan atas kegiatan / aktivitas suatu entitas organisasi.

Adapun beberapa perbedaan audit operasional dengan audit kepatuhan adalah sebagai berikut :

  • Audit kepatuhan berfokus untuk memeriksa TINDAKAN seseorang ataupun kelompok dalam organisasi. Sedangkan audit operasional memeriksa AKTIVITAS organisasi secara menyeluruh.
  • Standar yang digunakan dalam audit kepatuhan adalah peraturan, kebijakan dan undang-undang. Sedangkan standar yang digunakan dalam audit operasional adalah tujuan organisasi yang telah ditetapkan perusahaan.
  • Laporan audit kepatuhan berisi pendapat auditor tentang kepatuhan seseorang / kelompok terhadap kebijakan atau peraturan tertentu tanpa adanya suatu rekomendasi. Sedangkan laporan audit operasional berisikan rekomendasi atas suatu perbaikan dalam suatu entitas organisasi.

Nah itulah perbedaan audit kepatuhan dan audit operasional secara umum. Semoga bermanfaat ! Baca juga pengertian audit pemasaran & jenis pendapat auditor dalam laporan audit :)