Apa yang dimaksud dengan biaya bahan baku langsung dan tidak langsung ? Apa perbedaan biaya bahan baku langsung dan tidak langsung ?

Perbedaaan Biaya Bahan Baku Langsung dan Tidak Langsung

Bahan baku langsung dan tidak langsung adalah sama-sama komponen penyusun sebuah produk akhir atau barang jadi.

pengertian bahan baku langsung dan tidak langsung :

Bahan baku langsung adalah semua bahan baku yang membentuk satu kesatuan dari produk jadi dan dapat dimasukkan secara eksplisit dalam perhitungan biaya produk. Kunci penting dari bahan baku langsung adalah biaya bahan baku ini haruslah mudah untuk ditelusuri dari produk jadi.

Bahan baku tidak langsung adalah bahan baku yang diperlukan untuk membuat suatu produk akhir tetapi TIDAK diklasifikasikan sebagai bahan baku langsung karena bahan baku ini bukan merupakan bagian dari produk tersebut. Hal ini dikarenakan kemungkinan konsumsi bahan baku tersebut sangat minimal atau bahkan biaya penelusuran terlalu rumit, maka pengklasifikasian bahan baku tersebut menjadi sia-sia atau tidak ekonomis. Oleh karena itulah lebih bagus dimasukkan ke dalam kategori bahan baku tidak langsung.

Nah sekarang tentu kamu sudah tahu mengenai perbedaan biaya bahan baku langsung dan tidak langsung bukan ? Lihat juga contoh bahan baku langsung dan tidak langsung :)