Apa perbedaan biaya langsung dan biaya tidak langsung / perbedaan biaya produksi langsung dan tidak langsung ?

Perbedaan Biaya Langsung dan Tidak Langsung

Biaya produksi dapat diklasifikasikan sebagai biaya langsung dan biaya tidak langsung. Perbedaan antara biaya langsung dan tidak langsung adalah sebagai berikut :

Pengertian Biaya Langsung

Biaya langsung adalah biaya yang dapat secara akurat ditelusuri ke objek biaya dengan sedikit usaha. Objek biaya dapat berupa produk, departemen, proyek, dll. Dengan kata lain, biaya langsung adalah biaya perusahaan yang dapat dengan mudah terhubung ke objek biaya tertentu.

Jika suatu perusahaan merancang sebuah bangunan baru dan perlu menyewa seorang manajer proyek untuk mengawasi konstruksi tersebut, maka gaji manajer proyek termasuk ke dalam biaya langsung.

Contoh biaya langsung : biaya kerikil, pasir, semen dan upah yang terjadi pada produksi beton.

Pengertian Biaya Tidak Langsung

Biaya tidak langsung adalah biaya yang tidak dapat secara akurat dikaitkan dengan objek biaya tertentu. Biaya ini mencakup hal-hal seperti iklan dan pemasaran, depresiasi produk, persediaan perusahaan, akuntansi dan penggajian. Bisa dibilang biaya tidak langsung adalah beragam biaya yang berguna untuk mempertahankan seluruh perusahaan dan bukan hanya biaya-biaya yang terkait dengan pembuatan produk.

Contoh biaya tidak langsung : biaya depresiasi, asuransi, listrik, gaji pengawas yang terjadi di sebuah pabrik beton.

Semoga teman-teman paham mengenai perbedaan biaya langsung dan tidak langsung ini. Lihat juga perbedaan biaya bahan baku langsung dan tidak langsung :)