Materi akuntansi kali ini akan menjelaskan pengertian biaya variabel dan biaya semi variabel, perbedaan biaya variabel dengan biaya semi variabel & contoh biaya variabel dan semi variabel.

Perbedaan Biaya Variabel dan Biaya Semi Variabel

Pengertian Biaya Semi Variabel

Apa yang dimaksud dengan biaya semi variabel dalam akuntansi biaya ?

Biaya semi variabel adalah biaya yang memiliki 2 unsur yaitu unsur tetap dan variabel. Unsur biaya yang tetap adalah biaya minimum untuk menyediakan produk / jasa, sedangkan unsur variabel adalah bagian dari biaya variabel yang turut dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan produksi. Biaya semi variabel adalah biaya yang perubahannya tidak berbanding lurus dengan perubahan volume kegiatan.

Contoh biaya semi variabel adalah biaya asuransi kesehatan, biaya listrik dan air, biaya pemeliharaan peralatan kantor dan perbaikan mesin, biaya pengawasan, biaya pajak penghasilan karyawan yang ditanggung oleh perusahaan dsb

Pengertian Biaya Variabel

Apa yang dimaksud dengan biaya variabel ?

Biaya variabel adalah biaya yang perubahannya berbanding lurus dengan perubahan volume kegiatan bisnis. Makin besar kegiatan bisnis maka makin besar pula biaya variabel ini. Contoh biaya variabel adalah biaya bahan baku, biaya bahan bakar, upah tenaga kerja, biaya telepon, biaya lembur, biaya penerimaan barang dsb.

Semoga kalian bisa memahami perbedaan biaya variabel dan biaya semi variabel ya ! Baca juga perbedaan discretionary fixed cost dan commited fixed cost :)