Materi akuntansi kali ini akan menjelaskan pengertian cek mundur dan cek kosong / definisi cek mundur dan cek kosong & perbedaan cek kosong dan cek mundur / perbedaan cek mundur dan cek kosong.

Perbedaan Cek Mundur dan Cek Kosong

Apa perbedaan cek mundur dengan cek kosong ? Perbedaan antara cek mundur dan cek kosong bisa dengan mudah kita lihat dari pendefinisiannya.

Pengertian Cek Mundur

Apa yg dimaksud cek mundur ? Apa pengertian cek mundur dalam akuntansi ?

Pengertian cek mundur adalah cek yang bisa dicairkan pada tanggal tertentu (di masa depan) yang tercantum dalam cek tersebut. Dengan kata lain, definisi cek mundur / arti cek mundur adalah cek yang diberikan sekarang namun pencairannya mengikuti tanggal yang ditulis di masa depan, sehingga cek ini tidak dapat diuangkan sampai tanggal tersebut.

Salah satu bahaya cek mundur bagi penerima adalah akun bank yang mengeluarkan cek tersebut ditutup atau tidak ada uang yang cukup di rekening tersebut pada tanggal pencairannya. Cek mundur juga sering disalahgunakan oleh beberapa oknum perbankan. Cek mundur dalam akuntansi dikategorikan sebagai kas ketika cek tersebut dicairkan.

Pengertian Cek Kosong

Apa yang dimaksud dengan cek kosong ?

Definisi cek kosong adalah cek yang tidak bisa dicaikan dikarenakan rekening yang mengeluarkan cek tersebut tidak mempunyai saldo yang cukup atau rekeningya sudah ditutup. Cek kosong dalam akuntansi akan diakui sebagai piutang.

Nah sekarang kamu tentu sudah paham mengenai perbedaan cek mundur dan cek kosong bukan? Semoga bermanfaat ! Lihat juga tabel perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan :)