Artikel laba akuntansi dan laba ekonomi ini akan menjelaskan perbedaan laba akuntansi dengan laba ekonomi & pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.

Perbedaan Laba Akuntansi dan Laba Ekonomi

Apa perbedaan antara laba akuntansi dan laba ekonomi ? Beda laba akuntansi dan laba ekonomi adalah sebagai berikut :

Pengertian Laba Akuntansi

Laba akuntansi adalah perbedaan antara total pendapatan moneter dan jumlah biaya moneter yang dihitung dengan menggunakan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP / PABU). Pendapatan moneter adalah sejumlah penerimaan yang didapat perusahaan setelah menjual produknya di pasaran. Biaya moneter adalah biaya eksplisit suatu perusahaan yang berguna untuk mempertahankan produksinya contohnya biaya upah tenaga kerja, biaya sewa, dan bahan baku. Untuk definisi laba secara luas, lebih lengkapnya kamu bisa baca materi pengertian laba menurut para ahli

Laba akuntansi terbatas dalam lingkup waktu. Pada umumnya laba akuntansi hanya mempertimbangkan biaya dan pendapatan dari satu periode waktu seperti kuartal fiskal atau periode tahunan.

Pengertian Laba Ekonomi

Laba ekonomi adalah perbedaan antara total pendapatan moneter dan biaya total. Biaya-biaya total mencakup biaya eksplisit dan IMPLISIT. Laba ekonomi didapat dari total pendapatan dikurangi total biaya peluang (opportunity cost). Laba ekonomi pada dasarnya lebih RENDAH dari laba akuntansi. Laba ekonomi pengukurannya juga lebih LAMA dibandingkan dengan laba akuntansi dikarenakan laba ekonomi diukur dalam JANGKA PANJANG. Laba ekonomi menjadi salah satu faktor penting untuk memutuskan apakah perusahaan bisa masuk ke pangsa pasar tertentu atau bahkan keluar dari market tersebut.

Semoga penjelasan mengenai definisi laba akuntansi dan laba ekonomi diatas bisa membantu kamu dalam memahami tentang apa perbedaan laba akuntansi dan laba ekonomi. Lihat juga faktor yang mempengaruhi laba ditahan :)