Perbedaan metode langsung dan tidak langsung pada laporan arus kas / perbedaan laporan arus kas dengan metode langsung dan tidak langsung itu seperti apa sih ?

Perbedaaan Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan antara metode langsung dan tidak langsung dalam laporan arus kas secara garis besar adalah sebagai berikut :

Metode Tidak Langsung

Laporan arus kas metode tidak langsung dimulai dengan laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba-rugi, dan menyesuaikan nilai akrual ini untuk setiap hal yang tidak mempengaruhi arus kas. Penyesuaian yang dilakukan tercakup dalam tiga hal yaitu :

  • Penyesuaian untuk perubahan-perubahan dalam aktiva dan kewajiban lancar yang mengindikasikan sumebr-sumber pendapatan dan beban-beban non kas.
  • Pendapatan dan beban yang tidak melibatkan arus kas masuk dan arus kas keluar.
  • Keuntungan dan kerugian karena aktivitas investasi atau aktivitas pendanaan.

Metode Langsung

Pada dasarnya metode ini adalah pemeriksaan kembali setiap pos (perkiraan) laporan laba-rugi dengan tujuan melaporkan seberapa banyak kas diterima atau dikeluarkan sehubungan dengan pos tersebut. Misalnya, yang berhubungan dengan penjualan dalam laporan laba-rugi adalah “Kas yang diterima dari pelanggan”, yang berhubungan harga pokok penjualan adalah “Kas yang dibayarkan untuk persediaan”. Untuk menyiapkan bagian aktivitas operasi dengan metode ini, setiap pos dalam laporan laba-rugi harus disesuaikan karena pengaruh-pengaruh akrual.

Perlu kamu ketahui bahwa kedua metode baik metode langsung dan tidak langsung akan menghasilkan jumlah yang sama yaitu jumlah arus kas bersih yang disediakan oleh (digunakan untuk) aktivitas operasi.

Metode tidak langsung lebih disukai dan digunakan oleh kebanyakan perusahaan karena relatif lebih mudah untuk digunakan dan merekonsiliasikan perbedaan antara laba bersih dengan arus kas bersih dari aktivitas operasi. Pemakai laporan keuangan juga banyak yang menyukai metode langsung karena metode ini melaporkan secara langsung sumber dari arus kas masuk dan keluar tanpa harus dibingungkan dengan penyesuaian-penyesuaian dengan laba bersih.

Perbedaan metode langsung dan tidak langsung dalam laporan arus kas sebenarnya tidak terlalu signifikan. Pilihan untuk menggunakan metode langsung atau tidak langsung hanya mempengaruhi bagian aktivitas operasi. Sedang bagian aktivitas investasi dan pendanaan persis sama, apapun metode yang digunakan untuk melaporkan arus kas dari aktivitas operasi.

Nah sekarang kalian sudah tentu paham akan perbedaan metode pelaporan laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung bukan ? Semoga penjelasan singkat mengenai perbedaan laporan arus kas metode langsung dan tak langsung ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Baca juga langkah-langkah menyusun laporan laporan arus kas & laporan arus kas metode tidak langsung :)