Apa perbedaan metode kontrak selesai dengan metode persentase penyelesaian ?

Perbedaan Metode Kontrak Selesai dan Metode Persentase Penyelesaian

Metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian merupakan bentuk pengakuan pendapatan selama proses produksi. Biasanya metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian ini digunakan untuk kontrak-kontrak yang bersifat jangka panjang seperti kontrak-kontrak jenis pembangunan, pengembangan pesawat terbang militer dan komersial dan sebagainya. Beberapa ketentuan kontrak menetapkan penyerahan tersebut dalam bentuk cicilan, dan pencatatan akuntansi harus melaporkan ini dengan mencatat penjualan pada waktu angsuran diserahkan.

Perbedan metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian adalah sebagai berikut :

Pengertian Metode Persentase Penyelesaian

Metode persentase penyelesaian adalah metode pengakuan pendapatan yang mengakui pendapatan dan laba kotor pada setiap periode yang didasarkan atas kemajuan dalam  pembangunan, yaitu persentase dari penyelesaian. Biaya pembangunan ditambah laba kotor yang diperoleh diakumulasikan ke dalam perkiraan persediaan Bangunan Dalam Pelaksanaan dan kemajuan penagihan diakumulasikan  dalam perkiraan lawan persediaan (Penagihan atas Bangunan Dalam Pelaksanaan).

Pengertian Metode Kontrak Selesai

Metode kontrak selesai adalah metode pengakuan pendapatan yang mengakui pendapatan dan laba kotor hanya pada waktu kontrak diselesaikan. Biaya-biaya pembangunan diakumulasikan ke dalam perkiraan persediaan Bangunan Dalam Pelaksanaan dan kemajuan penagihan diakumulasikan dalam perkiraan lawan Penagihan atas Bangunan Dalam Pelaksanaan.

Nah semoga artikel perbedaan metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian ini bisa bermanfaat bagi pembaca materiakuntasi.com :)

Lihat juga materi pengakuan pendapatan saat penjualan & alasan penerapan lower cost or market