Materi akuntansi ini akan menjelaskan perbedaan antara struktur persekutuan dengan perseroan terbatas / perbedaan karakteristik persekutuan dan perseroan.

Perbedaan Persekutuan dengan Perseroan Terbatas

Perbedaan persekutuan dan perseroan terbatas adalah sebagai berikut :

Tabel Perbedaan Persekutuan dan Perseroan

Karakteristik Perseroan Terbatas Persekutuan
Keterlibatan Anggota
Pemegang saham bisa berperan secara TIDAK AKTIF dalam pengelolaan perseroan. Setiap anggota persekutuan terlibat secara AKTIF dalam pengelolaan perusahaan.
Umur Perusahaan Umur perusahaan perseoran dianggap going concern / TIDAK TERBATAS. Setiap perubahan komposisi pemilikan perusahaan tidak akan mengakibatkan berakhirnya umur perseroan. Umur usaha bersifat TERBATAS. Usaha persekutuan secara hukum akan bubar jika ada perubahan dalam komposisi sekutu. Akan tetapi secara ekonomis perusahaan persekutuan dapat terus beroperasi untuk melanjutkan usahanya dan tidak perlu dilikuidasi
Tanggung Jawab Pemilik Terhadap Hutang / Kewajiban Tanggung jawab pemegang saham hanya TERBATAS sebesar modal yang diinvestasikan. Tanggung jawab setiap anggota pemilik TIDAK TERBATAS
Perijinan Pendirian Usaha Prosedur untuk memperoleh ijin usaha SULIT dan lama. Pendirian perusahaan perseroan terbatas harus mempunyai ijin pemerintah dan harus taat pada aturan-aturan yang telah ditetapkan negara. Prosedur perijinan pendirian usaha relatif lebih MUDAH.

Nah itulah perbedaan persekutuan dengan perseroan terbatas yang wajib kamu ketahui. Lihat juga kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas & kelebihan dan kekurangan persekutuan komanditer :)