Apa perbedaan prinsip akuntansi standar akuntansi dan pabu ? Apa perbedaan prinsip akuntansi berterima umum dengan standar akuntansi keuangan ?

Perbedaan Prinsip Akuntansi Standar Akuntansi dan Prinsip Akuntansi Berterima Umum

Perbedaan prinsip akuntansi standar akuntansi dan prinsip akuntansi berterima umum secara umum dari tingkatan yang paling atas adalah sebagai berikut :

  • Standar Akuntansi adalah ketentuan resmi yang dikeluarkan oleh badan yang berwenang yang mengatur tentang mengenai konsep, standar, dan metode yang dinyatakan sebagai pedoman utama dalam praktik akuntansi perusahaan dalam lingkungan ataupun negara tertentu sepanjang ketentuan ini relevan dengan keadaan perusahaan atau unit usaha tertentu. Standar akuntansi lebih spesifik dan di atur secara hukum.
  • Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) adalah sekumpulan konsep, standar, prosedur, metode, konvensi, kebiasaan serta praktik yang dipilih atau dianggap berterima secara umum serta dijadikan pedoman umum di lingkungan ataupun negara tertentu. Dengan kata lain PABU berkedudukan di atas prinsip akuntansi
  • Prinsip akuntansi adalah standar yang bersifat umum. Dengan kata lain, prinsip akuntansi ini adalah seperangkat konsep, standar, prosedur, metode dan teknik sebagai objek pengetahuan akuntansi dan istilahnya dipakai hanya dalam kajian teoritis saja.

Bagaimana kedudukan standar akuntansi ? Dapat dilihat bahwa kedudukan standar akuntansi berada di atas PABU dan prinsip akuntansi. Oke sudah jelas kan ! 😀

Baca juga prinsip dasar akuntansi menurut PSAK & perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen :)