Materi akuntansi metode persentase penyelesaian ini akan menjelaskan contoh perhitungan metode persentase penyelesaian, cara menghitung metode persentase penyelesaian, jurnal metode persentase penyelesaian dan rumus metode persentase penyelesaian.

Perhitungan Pengakuan Pendapatan dengan Metode Persentase Penyelesaian

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai pengertian metode persentase penyelesaian. Beberapa metode yang digunakan dalam praktek untuk menentukan tingkat kemajuan penyelesaian (the extent of progress toward completion) yang paling umum adalah metode biaya-ke-biaya (cost-to-cost method), metode usaha yang dicurahkan (efforts expended method), serta metode unit-unit prestasi kerja (units of work performed method).

Tujuan dari masing-masing metode tersebut adalah untuk mengukur tingkat kemajuan dari segi biaya –biaya, unit-unit dan nilai tambah. Berbagai ukuarn (biaya-biaya yang dikeluarkan, jam kerja pekerja, ton-ton yang diproduksi, tingkat-tingkat bangunan yang diselesaikan dan sebagainya, diidentifikasikan dan diklsifikasikan sebagai ukuran masukan dan ukuran keluaran (input dan output measure).

Rumus Metode Persentase Penyelesaian

Salah satu ukuran masukan yang lebih terkenal yang digunakan untuk menentukan kemajuan penyelesaian adalah metode biaya-ke-biaya. Pengertian metode cost to cost adalah persentase penyelesaian diukur  dengan membandingkan biaya-biaya yang sudah dikeluarkan dengan taksiran jumlah seluruh biaya untuk menyelesaikan suatu kontrak seperti  yang ditunjukkan dalam rumus seperti berikut :
Rumus Metode Persentase Penyelesaian - metode persentase penyelesaian untuk kontrak jangka panjang

Contoh Perhitungan Metode Persentase Penyelesaian

Berikut ini adalah contoh perhitungan metode persentase penyelesaian untuk kontrak jangka panjang :

Asumsi bahwa perusahaan Zelda Construction Company memiliki kontrak yang dimulai bulan Juli 2002, untuk membangun jembatan senilai $4,500,000 dan diharapkan selesai pada bulan Oktober 2004 dengan taksiran biaya sebasar $4,000,000. Dalam realisasinya sampai akhir tahun 2003 taksiran jumlah seluruh biaya telah meningkat menjadi sebesar $4,050,000 dengan perincian sebagai berikut :

contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian

Maka perhitungan metode pengakuan pendapatan persentase selesai dapat dihitung sebagai berikut :

cara menghitung metode persentase penyelesaian

Jurnal Metode Persentase Penyelesaian

Jurnal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian yang dibuat berdasarkan data diatas adalah sebagai berikut :

Jurnal Metode Persentase Penyelesaian

Taksiran pendapatan dan laba kotor yang diakui setiap tahun dihitung sebagai berikut :

soal metode persentase penyelesaian

Jurnal untuk mencatat pengakuan pendapatan dan laba kotor adalah sebagai berikut :

jurnal pengakuan pendapatan persentase penyelesaian

Nah semoga kamu mengerti tentang perhitungan pengakuan pendapatan dengan metode persentase penyelesaian ini ya sobat ! Baca juga materi perbedaan metode kontrak selesai dan metode penyelesaian & pengakuan pendapatan saat penjualan :)