Apa saja prinsip dasar akuntansi menurut sak ? Apa 4 prinsip dasar akuntansi keuangan ?

Prinsip Dasar Akuntansi Menurut SAK

Untuk membuat laporan keuangan mau tidak mau kita harus paham tentang prinsip dasar / kerangka dasar akuntansi dan konsep dasar akuntansi keuangan. Prinsip dasar akuntansi menurut SAK sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan prinsip dasar akuntansi menurut IFRS maupun prinsip dasar akuntansi bank.

Dalam mencatat transaksi kita harus menguasai empat prinsip dasar akuntansi keuangan yaitu :

  • Historical Cost Principle. Apa pengertian historical cost dalam akuntansi ? Prinsip historical cost ini mengharuskan bahwa sebagian besar asest dan liabilities dihitung dan dilaporkan bedasarkan harga perolehan. Penilaian ini dianggap lebih unggul dibandingkan dasar lain karena sifatnya pasti serta dapat diperiksa.
  • Matching Principle. Apa matching principle dalam teori akuntansi ? Prinsip matching menetapkan bahwa pengakuan biaya dihubungkan dengan pengakuan pendapatan. Untuk biaya-biaya yang sulit dihubungkan dengan pendapatan, beberapa pendekatan harus dilakukan  misalnya dengan alokasi rasional dan sistematis.
  • Revenue Recognition Principle. Apa pengertian dari revenue recognition principle ? Prinsip revenue regonition menetapkan bahwa pendapatan diakui saat direalisasi atau dapat direalisasi dan dihasilkan. Direalisasi ditunjukkan saat barang atau jasa  ditukar dengan kas atau klaim atas kas. Dapat direalisasi ditunjukkan saat asset siap ditukar dengan kas atau kalim atas kas.
  • Full Disclosure Principle. Pengertian full disclosure dalam teori akuntansi yaitu dalam memutuskan informasi apa yang harus dilaporkan, akuntan mengikuti praktek yang umum bagi penyediaan informasi yang cukup penting untuk mempengaruhi penilaian dan pembuatan keputusan. Biasanya pertimbangan yang digunakan adalah mengungkapkan masalah yang cukup yang dapat menunjukkan perbedaan, dan peringkasan untuk membuat informasi tersebut dapat dimengerti dengan memperhatikan biaya penyusunannya dan pemakaiannya.

Nah itulah prinsip dasar akuntansi menurut SAK yang wajib kamu ketahui. Lihat juga materi asumsi dasar menurut PSAK & elemen laporan keuangan menurut PSAK :)