Prinsip matching dalam teori akuntansi / prinsip matching concept itu seperti apa sih ?

Prinsip penandingan adalah suatu dasar untuk mencatat beban-beban atau biaya-biaya. Beban-beban seperti beban sewa, beban listrik dan beban iklan merupakan beban dari suatu operasi usaha. Beban adalah biaya dari aktiva yang telah dimanfaatkan dalam menghasilkan pendapatan. Prinsip pemaduan dapat digunakan sebagai dasar untuk

(1) mengidentifikasi seluruh beban yang terjadi dalam suatu periode akuntansi

(2) mengukur atau menghitung beban dan

(3) bagaimana ‘menandingkan’ beban dengan pendapatan yang diperoleh dalam waktu yang berjalan. Menandingkan beban terhadap pendapatan berarti mengurangkan beban dari pendapatan untuk menghitung laba atau rugi bersih.

Prinsip Umum Penandingan Biaya dan Pendapatan

Prinsip matching / prinsip penandingan dalam akuntansi dapat dilakukan dengan mengidentifikasi pendapatan dalam suatu periode dengan beban yang berkaitan dengan pendapatan tersebut. Misalnya, suatu perusahaan yang biasa membayar komisi penjualan kepada para tenaga penjualan akan memiliki beban komisi jika pegawai tersebut melakukan penjualan. Jika mereka tidak melakukan penjualan, maka perusahaan itu tidak memiliki beban komisi.

Contoh lain adalah harga pokok penjualan, jika ada barang yang terjual maka harus ada harga pokok (yang merupakan biaya yang dikeluarkan penjual) yang berkaitan dengan barang yang dijual. Jika tidak ada penjualan, maka tidak akan ada harga pokok penjualan.

Beban-beban lainnya tidak dapat dikaitkan dengan mudah dengan penjualan tertentu. Misalnya, beban sewa bulanan akan selalu terjadi tanpa dipengaruhi oleh besarnya pendapatan yang diperoleh pada periode tersebut. Prinsip pemaduan mengidentifikasikan jenis-jenis beban ini dengan suatu jangka waktu tertentu, misalnya dalam satu bulan atau satu tahun. Jika Nicholas mempekerjakan seorang sekretaris dengan gaji sebulan Rp 1.900.000, maka perusahaan akan mencatat adanya beban gaji sebesar Rp 1.900.000 setiap bulan. Karena laporan keuangan hanya muncul dalam jangka waktu tertentu, maka harus ada suatu tanggal pisah-batas (cut-off) untuk informasi yang dibutuhkan.

Nah itulah penjelasan tentang prinsip penandingan (matching principle). Semoga kamu paham akan prinsip penandingan revenue dan expense :)

Lihat juga prinsip pendapatan akuntansi & pengertian periode akuntasi