Materi akuntansi biaya ini akan menjelaskan tujuan akuntansi biaya bagi manajemen /  tujuan akuntansi biaya bagi perusahaan / fungsi akuntansi biaya / manfaat akuntansi biaya bagi organisasi bisnis.

Tujuan Akuntansi Biaya

Saat ini banyak perusahaan barang dagang ataupun perusahaan jasa yang lebih berfokus untuk mengembangkan akuntansi biayanya. Hal ini mengingat bahwa peranan akuntansi biaya dalam perusahaan adalah sangat penting untuk memajukan kelangsungan hidup operasi sebuah perusahaan. Peranan dan tujuan akuntansi biaya pada dasarnya berfokus dan tak lepas dari kepentingan pihak manajemen internal perusahaan.

Akuntansi biaya adalah cara perhitungan atas nilai persediaan yang dilaporkan di neraca keuangan dan nilai harga pokok penjualan yang dilaporkan di laporan laba-rugi serta pengumpulan dan pencatatan informasi keuangan lainnya yang berkaitan dengan biaya operasional perusahaan. Lalu, apa tujuan akuntansi biaya ?

tujuan akuntansi biaya menurut para ahli :

Tujuan akuntansi biaya adalah untuk :

  • Membantu pihak manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan yang bersifat operasional.
  • Menentukan tingkat biaya dan laba perusahaan untuk satu tahun periode akuntansi.
  • Menetapkan metode perhitungan biaya yang memungkinkan untuk perbaikan kualitas, pengendalian aktivitas operasi, dan pengurangan biaya perusahaan.
  • Membuat anggaran operasi perusahaan serta menilai dan memprediksi anggaran untuk tahun-tahun yang akan datang.
  • Mengelola serta memilih metode-metode apa saja yang dapat menguntungkan perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang

Tujuan akuntansi biaya dalam perusahaan manufaktur yang paling utama tentu saja sebagai alat analisis untuk memaksimalkan laba dan menekan biaya perusahaan. Dengan menerapkan akuntansi biaya yang baik dan benar, sebuah perusahaan tentunya akan mempunyai bisnis yang sehat dan menguntungkan.

Nah itulah tujuan akuntansi biaya secara umum. Semoga bermanfaat ! Lihat juga konsep dasar akuntansi menurut paul grady :)