Apa yg dimaksud dengan laporan arus kas / apa itu laporan arus kas /  apa pengertian laporan arus kas ? Apa tujuan laporan arus kas / apa manfaat laporan arus kas ?

Tujuan dan Manfaat Laporan Arus Kas

Pengertian laporan arus kas menurut para ahli / pengertian laporan arus kas menurut PSAK adalah :

Laporan arus kas adalah informasi yang melaporkan penerimaan kas, pembayaran kas dan perubahan bersih pada kas yang berasal dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan dari suatu perusahaan selama satu priode dalam suatu format yang merekonsiliasikan saldo kas awal dan akhir.

Tujuan laporan arus kas adalah untuk memberikan informasi penting mengenai penerimaan dan pembayaran kas suatu perusahaan selama satu periode serta untuk memberikan informasi atas dasar kas mengenai aktivitas operasi, investasi dan pendanaannya.

Suatu laporan arus kas berguna untuk memberikan jawaban pada pertanyaan berikut :

  • Berapakan kas yang digunakan selama periode tersebut.
  • Darimanakah kas datang selama periode tersebut.
  • Berapakah perubahan saldo kas selama periode tersebut.

Pelaporan kenaikan atau penurunan bersih dalam kas dipandang berguna karena  investor, kreditor dan pihak-pihak lain yang berkepentingan ingin mengetahui dan secara umum dapat memahami apa yang terjadi pada sumber daya perusahaan yang paling lancar yaitu kasnya.

Manfaat laporan arus kas jika digunakan dengan pengungkapan yang berkaitan dengan laporan keuangan lain, akan membantu investor, kreditor dan pihak-pihak lain untuk :

  • Menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya, kemampuan membayar deviden, dan kebutuhannya untuk pendanaan eksternal.
  • Menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan arus kas bersih di masa depan.
  • Menilai alasan perbedaan antara laba bersih dan penerimaan serta pembayaran kas yang berkaitan.

Laporan arus kas dengan demikian membantu menunjukkan bagaimana kemungkinan perusahaan yang melaporkan rugi bersih namun tetap mengadakan pengeluaran modal yang besar atau membayar deviden. Atau akan menceritakan apakah perusahaan mengeluarkan atau menarik hutang atau saham biasa atau keduanya selama periode tersebut.

Nah itulah tujuan dan manfaat laporan arus kas. Semoga berguna bagi pembaca materiakuntansi.com

Lihat juga pengertian discontinued operation & akuntansi kas kecil :)