Artikel tujuan ekonomi makro ini akan menjelaskan tujuan mempelajari ekonomi makro, kumpulan tujuan ekonomi makro dan tujuan kebijakan ekonomi makro.

Tujuan Ekonomi Makro

Apa tujuan mempelajari ekonomi makro ?

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi makro adalah supaya kita paham tentang masalah-masalah perekonomian makro secara global. Pengetahuan tentang ekonomi makro berguna dalam memahami berbagai persoalan seperti :

  1. Mengapa output kadang-kadang turun dan mengapa pengangguran kadang-kadang bertambah dan bagaimana mengatasinya?

Ekonomi pasar mengalami keadaan naik turun yang disebut sebagai siklus bisnis (business cycle). Sebagai contoh, pada masa Orde Lama, perekonomian Indonesia berada dalam keadaan sangat buruk yang ditandai dengan penurunan output nasional dan pengangguran yang tinggi. Pada masa Orde Baru keadaan berangsur membaik, output meningkat dan pengangguran berkurang. Namun perekonomian kembali memburuk pada tahun 1997 yaitu dengan terjadinya krisis moneter dimana salah satu dampaknya adanya meningkatnya pengangguran.

Orang yang menganggur adalah orang yang berada pada usia kerja, tidak bekerja dan sedang aktif mencari kerja. Pengangguran merupakan bentuk penggunaan input yang kurang optimal. Padahal agar perekonomian suatu negara bertumbuh terus menerus, semua sumber daya harus dipergunakan seoptimal mungkin. Jadi dengan semakin banyaknya pengangguran, kehilangan output juga akan semakin banyak.

Ekonomi makro mempelajari terjadinya penurunan output dan juga pengangguran serta mempelajari pula cara mengatasinya.

  1. Apa sumber dari inflasi dan bagaimana supaya inflasi terkontrol ?

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum. Kenaikan harga menyebabkan berkurangnya daya beli, sehingga berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Pengaruhnya terasa terutama bagi masyarakat yang mempunyai pendapatan tetap atau masyarakat yang pendapatannya meningkat tetapi tidak sebesar angka inflasi. Bagi masyarakat tersebut kemampuan membeli barang dan jasa akan semakin berkurang.

Ekonomi makro mempelajari penyebab kenaikan harga dan bagaimana kebijakan pemerintah dapat dipergunakan untuk mengontrol inflasi.

  1. Bagaimana suatu Negara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya?

Pertumbuhan ekonomi diukur dari adanya peningkatan produksi barang dan jasa dan juga peningkatan kapital. Bila diasumsikan populasi suatu negara akan terus bertambah dari tahun ke tahun, maka kebutuhan akan barang dan jasa juga akan semakin bertambah. Peningkatan tingkat hidup akan terjadi bila jumlah barang dan jasa yang tersedia lebih banyak dari pada populasi. Padahal sumber daya akan semakin berkurang dengan bertambahnya produksi. Oleh karena itu perlu dipikirkan bagaimana mempergunakan sumber daya seefisien mungkin untuk memenuhi kebutuhan manusia sekaligus juga untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Ekonomi makro membahas faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara serta bagaimana agar pertumbuhan ekonomi dapat terjadi terus menerus.

Nah itulah tujuan belajar ekonomi makro / tujuan ekonomi makro secara umum. Semoga kamu nggak bosan belajar tentang teori ekonomi makro ya kawan !