Materi harga pokok variabel akuntansi manajemen ini akan menjelaskan tujuan perhitungan harga pokok variabel / tujuan penentuan harga pokok variabel / tujuan perhitungan harga pokok variabel & manfaat penentuan harga pokok variabel.

Tujuan Harga Pokok Variabel

Apa pengertian dan manfaat harga pokok variabel / pengertian manfaat dan pandangan harga pokok variabel ?

Harga Pokok Variabel

Apa itu harga pokok variabel / definisi harga pokok variabel ?

Pengertian penentuan harga pokok variabel adalah metode penentuan harga pokok yang HANYA memasukkan biaya produksi VARIABEL sebagai elemen dari harga pokok produk. Dengan kata lain, biaya produksi TETAP akan dianggap sebagai biaya periode yang akan dibebankan / dilaporkan pada laporan rugi laba saat periode terjadinya dan tidak diperlakukan sebagai biaya produksi.

Tujuan harga pokok variabel adalah untuk memudahkan manajemen dalam  menetapkan penilaian dan pertanggungjawaban kepada departemen atau devisi tertentu di dalam perusahaan. Selain itu tujuan harga pokok variabel juga membantu manajemen dalam mengendalikan kondisi-kondisi operasional yang sedang berjalan seperti mengetahui batas kontribusi (contribution margin) dalam perencanaan laba melalui analisa hubungan biaya volume laba untuk pengambilan keputusan jangka pendek.

Manfaat informasi harga pokok variabel bagi pihak internal tentu saja akan sangat membantu dalam pengendalian biaya, perencanaan laba, penentuan harga jual dan pengambilan keputusan lainnya. Sedangkan manfaat utama metode penentuan harga pokok variabel bagi pihak eksternal adalah untuk membantu menetapkan harga pokok persediaan dan penentuan laba perusahaan.

Nah itulah tujuan harga pokok variabel yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat! Lihat juga pengertian sunk cost dan contohnya & biaya relevan dan biaya tidak relevan :)