Artikel tujuan manajemen keuangan ini akan menjelaskan tujuan manajemen keuangan perusahaan, tujuan manajemen keuangan dilihat dari tujuan perusahaan, tujuan umum manajemen keuangan / tujuan manajemen keuangan secara umum.

Tujuan Manajemen Keuangan

Apa tujuan manajemen keuangan dalam perusahaan ? Tujuan manajemen keuangan adalah sebagai berikut :

tujuan manajemen keuangan menurut para ahli :

  • Maksimalisasi keuntungan: Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah untuk maksimalisasi keuntungan. Manajer keuangan mencoba untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Seorang manajer keuangan tidak bisa menjamin keuntungan dalam jangka panjang karena ketidakpastian bisnis. Namun, perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimal bahkan dalam jangka panjang, jika manajer keuangan mengambil keputusan keuangan yang tepat dan menggunakan keuangan perusahaan dengan baik.
  • Menjaga arus kas: Menjaga arus kas yang tepat merupakan tujuan jangka pendek manajemen keuangan. Perusahaan harus memiliki arus kas yang tepat untuk membayar biaya sehari-hari seperti pembelian bahan baku, pembayaran upah dan gaji, sewa, tagihan listrik, dll. Arus kas yang baik tentunya akan meningkatkan keberhasilan perusahaan.
  • Mempersiapkan struktur modal: Tujuan manajemen keuangan yang tidak kalah penting adalah untuk mempersiapkan struktur modal. Perusahaan harus memutuskan rasio antara pembiayaan yang dimiliki dan keuangan yang dipinjam supaya seimbang. Keseimbangan ini diperlukan untuk likuiditas, ekonomi, fleksibilitas dan stabilitas perusahaan.
  • Pemanfaatan keuangan yang tepat: Manajer keuangan harus membuat pemanfaatan keuangan secara optimal dan perusahaan harus tidak berinvestasi keuangan perusahaan dalam proyek-proyek yang tidak menguntungkan.
  • Maksimalisasi kekayaan: Maksimalisasi kekayaan berarti untuk mendapatkan kekayaan yang maksimal bagi pemegang saham. Jadi, manajer keuangan mencoba memberikan dividen maksimal kepada pemegang saham. Manajer keuangan juga mencoba untuk meningkatkan nilai pasar saham karena nilai pasar saham secara langsung berhubungan dengan kinerja perusahaan.
  • Meningkatkan efisiensi: Manajemen keuangan juga mencoba untuk meningkatkan efisiensi semua departemen perusahaan. Distribusi keuangan yang tepat untuk semua departemen akan meningkatkan efisiensi seluruh perusahaan.
  • Kelangsungan hidup perusahaan: Kelangsungan hidup adalah tujuan yang paling penting dari manajemen keuangan. Perusahaan harus bertahan hidup di dunia bisnis yang kompetitif ini. Manajer keuangan harus sangat berhati-hati saat membuat keputusan keuangan. Satu keputusan yang salah dapat membuat perusahaan merugi dan bangkrut.
  • Mengurangi risiko operasional: Manajemen keuangan juga mencoba untuk mengurangi risiko operasional. Ada banyak risiko dan ketidakpastian dalam bisnis. Manajer keuangan harus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko ini. Dia harus menghindari proyek berisiko tinggi.
  • Mengurangi biaya modal: Tujuan manajemen keuangan adalah untuk mengurangi biaya modal yang artinya perusahaan mencoba untuk bisa meminjam uang pada tingkat bunga yang rendah. Manajer keuangan harus merencanakan struktur modal sedemikian rupa sehingga biaya modal itu diminimalkan.

Semoga artikel fungsi dan tujuan manajemen keuangan ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Lihat juga keputusan manajemen keuangan :)