Apa unsur unsur yang terdapat dalam laporan laba rugi ? Apa unsur pokok laporan laba rugi ? Apa unsur unsur yang terdapat dalam laporan laba rugi perusahaan manufaktur dan jasa ?

Unsur-Unsur dalam Laporan Laba Rugi

Unsur laporan keuangan laba rugi / unsur unsur yang terdapat dalam laporan laba rugi itu  ada apa aja sih ?

Adapun unsur-unsur laba-rugi yang HARUS ADA menurut FASB / unsur unsur laporan laba rugi terdiri dari  :

  • Keuntungan (Gain). Gain adalah kenaikan dalam ekuitas (harta bersih) dari transaksi sampingan atau sekali-sekali dari suatu kesatuan kecuali yang dihasilkan dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.
  • Kerugian (Loss). Loss adalah penurunan dalam ekuitas (harta bersih) dari transaksi sampingan atau sekali-sekali dari suatu kesatuan kecuali yang diakibatkan dari beban atau pembagian kepada pemilik. Keuntungan dan kerugian banyak jenisnya yang berasal dari penjualan investasi, penjualan harta tetap, penyekesaian hutang, penghapusan harta karena usang atau bencana dan pencurian.
  • Pendapatan (Revenue). Revenue adalah arus masuk atau peningkatan lain atas harta dari suatu kesatuan atau penyelesaian kewajibannya selama satu periode dari penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa, atau aktivitas lain yang merupakan operasi pokok atau utama yang berkelanjutan dari operasi tersebut. Pendapatan dapat dilihat dari banyak bentuk, seperti penjualan, honorarium, bunga, deviden, dan sewa.
  • Beban (Expenses). Merupakan arus keluar atau penggunaan lain atas harta atau terjadinya kewajiban selama suatu  periode dari penyelesaian atau produksi barang, pemberian jasa, atau pelaksanaan aktivitas lain yang merupakan operasi pokok atau utama yang berkelanjutan dari kesatuan tersebut. Contoh beban seperti harga poko penjualan, penyusutan, bunga, sewa, gaji dan upah, pajak dan lain-lain.

Perbedaan antara pendapatan dan keuntungan dan perbedaan antara beban dan kerugian tergantung pada sebagian besar aktivitas khusus dari perusahaan bersangkutan. Pada perusahaan tertentu suatu aktivitas dapat merupakan bagian dari operasi normalnya, sedang bagi perusahaan lain aktivitas yang sama bukan merupakan aktivitas normal.

Nah itulah unsur-unsur dalam laporan laba rugi / income statement. Semoga mudah dipahami. Lihat juga bentuk laporan laba rugi single step dan multiple step :)