Apa faktor penyebab kenaikan dolar / faktor yang mempengaruhi dolar naik ?

Faktor Yang Menyebabkan Dolar Naik

Faktor utama yang menyebabkan dolar naik adalah tingginya permintaan dolar. Permintaan dollar berasal dari semua transaksi internasional yang berupa pembayaran dalam dolar. Berikut ini adalah contoh kegiatan / aktivitas yang memicu kenaikan dolar.

Impor Indonesia

Bila Indonesia mengimpor barang dan jasa dari Amerika, berarti importir harus membayar dalam dollar. Oleh karena itu si importer harus menukar rupiahnya dengan dollar, yang berarti permintaan dollar naik. Inilah faktor yang menyebabkan kenaikan harga dolar terhadap nilai rupiah.

Berpergian ke Luar Negeri

Bila rakyat Indonesia bepergian ke Amerika, baik untuk urusan bisnis maupun berwisata, maka untuk dapat bertransaksi di Amerika harus dipergunakan dollar. Oleh karena itu rupiah yang dimiliki harus ditukar dengan dollar.

Investasi ke Negara Asing

Menanam modal ke Amerika berarti harus mempergunakan dolar, sebab semua transaksi misalkan untuk membuat pabrik atau membayar pegawai harus dengan mata uang setempat.

Spekulasi

Permintaan dollar yang berkaitan dengan spekulasi terjadi bila nilai dollar terhadap rupiah berfluktuasi tajam, dimana orang membeli dollar dengan harapan nilainya akan naik terus.

Semoga artikel faktor yang menyebabkan dolar naik ini bisa dengan mudah kamu pahami :)

Baca juga pengertian kurs valuta asing dan contohnya