Bagaimana bentuk dan struktur laporan arus kas / format laporan arus kas perusahaan manufaktur ? Bagaimana bentuk laporan arus kas menurut PSAK dan contoh laporan arus kas?

Format Laporan Arus Kas Perusahaan Manufaktur

Laporan arus kas tidak disusun dari neraca saldo yang disesuaikan. Informasi untuk menyiapkan laporan arus kas perusahaan manufaktur ataupun perusahaan jasa umumnya berasal dari tiga sumber yaitu :

  • Data perhitungan laba-rugi periode berjalan membantu pembaca menentukan jumlah kas yang disediakan atau digunakan selama periode tersebut.
  • Neraca perbandingan memberikan jumlah perubahan dalam aktiva, kewajiban, dan ekuitas dari awal ke akhir periode.
  • Data transaksi terpilih dari buku besar memberikan informasi terinci tambahan yang diperlukan untuk menentukan bagaimana kas disediakan atau digunakan selama periode tersebut.

Penyusunan laporan arus kas dari sumber-sumber data di atas melibatkan tiga langkah pokok. Cara membuat laporan arus kas adalah sebagai berikut :

  • Menentukan perubahan dalam kas. Prosedur ini bersifat langsung karena perbedaan antara saldo awal dan akhir kas dapat dengan mudah dihitung dari pemeriksaan atas neraca perbandingan.
  • Menentukan arus kas bersih dari aktivitas operasi. Prosedur ini rumit, melibatkan analisis tidak hanya perhitungan laba-rugi tahun berjalan tetapi juga neraca perbandingan dan juga data transaksi terpilih.
  • Menentukan arus kas dari aktivitas investasi dan pendanaan. Semua perubahan lain dalam perkiraan neraca herus dianalisis guna menentukan pengaruhnya pada kas.

Contoh Laporan Arus Kas Sederhana

Format laporan arus kas sederhana adalah sebagai berikut :

contoh laporan arus kas - format laporan arus kas

Format Laporan Arus Kas Perusahaan Manufaktur

Baca juga perbedaan aktivitas operasi investasi dan pendanaan & tujuan dan manfaat laporan arus kas :)