Artikel audit pemasaran kali ini akan menjelaskan langkah-langkah audit manajemen pemasaran / program kerja audit pemasaran.

Langkah Langkah Audit Pemasaran

Langkah dalam audit pemasaran / prosedur audit pemasaran itu seperti apa sih ?

Langkah langkah audit pemasaran secara umum terbagi kedalam tiga bagian yaitu :

  • Auditor dan pihak manajemen yang bersangkutan menyetujui ruang lingkup, sumber data, waktu audit, format laporan, tujuan audit pemasaran yang akan dilakukan.
  • Auditor mengumpulkan berbagai informasi data seperti data pelanggan, data kompetitor / pesaing perusahaan, data perusahaan dan lingkungan pemasaran saat ini.
  • Auditor mengukur, menganalisis, serta melaporkan hasil laporannya kepada pihak manajemen yang membutuhkan.

Cara melakukan audit pemasaran / contoh audit pemasaran perusahaan itu seperti apa ?

Langkah-langkah audit pemasaran secara detail adalah sebagai berikut :

  • Mengumpulkan rincian data perusahaan seperti lokasi perusahaan, tanggal didirikan, data penjualan, jumlah karyawan, karyawan kunci dan kronologi peristiwa perusahaan seperti merger, akuisisi dan divestasi.
  • Menjelaskan tujuan pemasaran perusahaan seperti peningkatan visibilitas perusahaan, meningkatkan pelanggan, berdiferensiasi dari kompetitor, meningkatkan atau mempertahankan pangsa pasar dsb. Daftar tujuan dan sasaran tersebut bisa da;a, jangka pendek ataupun jangka panjang.
  • Menjelaskan data pelanggan saat ini seperti lokasi geografis, deskripsi demografis, etnis atau perilaku lainnya untuk mengukur seberapa besar pelanggan perusahaan saat ini.
  • Menjelaskan data produk atau jasa yang berguna untuk menggambar manfaat, harga, ukuran dan distribusi produk / jasa tersebut. Data tersebut juga dapat berisikan kekuatan atau kelemahan dibandingkan dengan kompetitor,  persepsi produk / jasa, perubahan penjualan atau sejarah pangsa pasar dari waktu ke waktu serta faktor-faktor ekonomi, hukum, sosial, atau pemerintah yang dapat mempengaruhi produk / jasa.
  • Menjelaskan perjalanan bisnis perusahaan dimasa lalu yang berguna untuk membantu mengembangkan bisnis perusahaan dari ancaman kompetitor.
  • Mengidentifikasi para pesaing. Sertakan nama perusahaan dan lokasinya. Kemudian jelaskan produk / jasa mereka seperti fitur, manfaat, harga, ukuran dan distribusi mereka.
  • Menyampaikan kepada pihak manajemen terkait daftar media promosi yang dianggap paling efektif untuk saat ini dan beragam rekomendasi lainnya seperti memilih periklanan di media cetak atau media online, mengadakan pameran atau seminar, membeli database atau melakukan riset pasar dan lain sebagainya.

Semoga artikel langkah langkah audit pemasaran ini berguna bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian audit pemasaran menurut para ahli :)