Materi saham preferen ini akan menjelaskan karakteristik saham preferen & macam-macam saham preferen / saham preferen dan jenisnya (4 jenis saham preferen)

Macam-Macam Saham Preferen

4 jenis saham preferen yang beredar saat ini antara lain adalah sebagai berikut :

Saham Preferen Kumulatif dan Nonkumulatif (Cumulative and Noncumulative)

Saham preferen kumulatif adalah jenis saham yang menetapkan bahwa jika perusahaan tidak mengumumkan dividen untuk golongan ini, dividen itu akan diakumulasikan dan harus dibayar kemudian hari sebelum dividen dibayarkan kepada para pemegang saham biasa.

Saham preferen nonkumulatif adalah jenis saham yang tidak memerlukan penetapan jumlah dividen yang berlaku. Dividen yang tidak dibayarkan pada tahun tertentu berarti tidak akan dibayarkan untuk selamanya. Jika saham preferen bersifat nonkumulatif, penetapan jumlah dividen yang berlaku tidak diperlukan. Dividen yang tidak dibayarkan pada tahun tertentu berarti tidak akan dibayarkan untuk selamanya.

Saham Preferen Konvertibel (Convertible Preferred Stock)

Saham preferen konvertibel adalah saham yang dapat dikonversi jika syarat penerbitan menetapkan bahwa saham preferen itu dapat ditukarkan oleh pemiliknya dengan surat berharga lain dari perseroan yang menerbitkannya.

Saham Preferen yang dapat ditarik (Callabel Preferred Stock)

Callabel Preferred Stock adalah saham preferen yang dapat ditarik jika saham itu dapat ditebus sesuai dengan kehendak perusahaan.

Saham Preferen yang dapat ditebus (Redeemable Preferred Stock)

Redeemable Preferred Stock adalah jenis saham preferen yang tunduk pada persyaratan penebusan yang diharuskan atau ketentuan penebusan lain yang mengakibatkan sifat surat berharga itu tumpang tindih antara sifat hutang dan sifat ekuitas.

Karakteristik Saham Preferen

Karakteristik saham preferen antara lain adalah :

  • Jika saham preferen mempunyai nilai pari, maka dividen dinyatakan dengan suatu persentase dan nilai pari. Tapi jika saham preferen tidak mempunyai nilai pari, maka dividen harus dinyatakan dalam jumlah uang.
  • Klaim terlebih dahulu atas pembayaran dividen
  • Persyaratan dividen untuk saham preferen harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum segala sesuatunya dibayarkan untuk saham biasa

Nah itulah macam-macam saham preferen. Semoga berguna bagi pembaca materiakuntansi.com :)