Artikel penjualan konsinyasi dalam akuntansi keuangan lanjutan ini akan menjelaskan metode pencatatan penjualan konsinyasi / pencatatan akuntansi penjualan konsinyasi & jurnal penjualan konsinyasi / jurnal pencatatan penjualan konsinyasi

Pengakuan Pendapatan Penjualan Konsinyasi

Pengertian Penjualan Konsinyasi

pengertian penjualan konsinyasi menurut para ahli :

Penjualan konsinyasi adalah sebuah bentuk perjanjian penjualan dimana consignor (pabrikan) mengirimkan barang dagang kepada consignee (dealer), yang bertindak sebagai agen bagi consignor dalam penjualan barang dagang. Consignor akan mendapatkan laba atau mendapatkan keuntungan untuk mengembangkan pasar yang ada, dan bagi consignee akan mendapatkan  keuntungan berupa komisi dari penjualannya.

Consignee menerima barang dagang dan setuju untuk melakukan pemeliharaan dan penjualan barang tersebut. Kas yang diterima dari pelanggan lalu dikirimkan kepada consignor oleh consignee, setelah dikurangi oleh komisi penjualan serta beban yang dapat dikenakan.

Pencatatan Penjualan Konsinyasi

Bagaimana perlakuan akuntansi penjualan konsinyasi & pengakuan pendapatan pada penjualan konsinyasi ?

Pengakuan pendapatan yang digunakan oleh consignor yaitu pendapatan diakui hanya setelah consignor menerima pemberitahuan penjualan dan dilakukan pengiriman kas dari consignee. Dalam penjualan barang dagang tersebut, consignee memiliki kewajiban untuk menyerahkan sejumlah hasil bersih kepada consignor. Consignor secara teratur menerima dari consignee sebuah laporan penjualan yang isinya menjelaskan barang dagang yang diterima, dijual, beban yang dapat dikenakan dari konsinyasi, serta kas yang dikirimkan. Pendapatan kemudian diakui oleh consignor.

Apa saja kelemahan metode penjualan secara konsinyasi ?

Kelemahan-kelemahanan dari penggunaan metode penjualan secara konsinyasi yaitu barang dagang yang dijual dengan konsinyasi merupakan milik consignor, dan secara terpisah diklasifikan sebagai barang dagang dalam konsinyasi. Barang tersebut TIDAK DICATAT sebagai aktiva di dalam pembukuan consignee.

Contoh Penjualan Konsinyasi

Sebagai contoh akuntansi untuk konsinyasi, asumsikan bahwa Farras Manufacturing Co. mengirimkan barang dagang seharga $36,000 dalam konsinyasi kepada Best Value Stores. Farras membayar $3,750 untuk biaya pengiriman sedangkan Best Value membayar $2,250 untuk biaya Iklan local yang dapat ditagihkan kepada Farras. Pada akhir periode, dua pertiga barang dagang yang dikonsinyasi telah terjual $40,000 kas. Best Value memberitahukan penjualan tersebut kepada Farras, dan mengambil komisi 10%, serta mengirimkan kas kepada Farras.

Jurnal pencatatan penjualan konsinyasi yang dibuat oleh consignor (Farras) dan consignee (Best Value) adalah sebagai berikut :

jurnal penjualan konsinyasi - akuntansi penjualan konsinyasi - pengaruh penjualan konsinyasi terhadap laba

Tujuan pengakuan pendapatan penjualan konsinyasi adalah untuk menunda pengakuan pendapatan sampai diketahui bahwa penjualan kepada pihak ketiga sudah terjadi. Hal ini dikarenakan consignor menerima resiko kemungkinan barang dagang tidak terjual dan membebaskan consignee dari keharusan untuk menanggung sebagain dari modal kerjanya ke dalam persediaan.

Nah itulah penjelasan pengakuan pendapatan penjualan konsinyasi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca www.materiakuntansi.com

Lihat juga pengertian metode pemulihan biaya & pengakuan pendapatan metode penjualan cicilan :)