Apa itu aktiva lancar / pengertian current asset dan contohnya ? Apa yang dimaksud dengan aktiva lancar dan apa saja yang termasuk aktiva lancar ?

Pengertian Aktiva Lancar dan Contohnya

Definisi aktiva lancar dalam akuntansi / pengertian aktiva lancar menurut para ahli :

Aktiva Lancar adalah kas dan aktiva lainnya yang diharapkan akan dapat dikonversi menjadi kas, dijual, atau dikonsumsi dalam satu tahun atau dalam satu siklus operasi, tergantung mana yang lebih panjang.

Lalu bagaimana penyajian aktiva lancar dalam neraca keuangan? Aktiva lancar disajikan dalam neraca diurutkan berdasarkan tingkatan likuiditas.

Jenis aktiva lancar terdiri dari apa saja sih ? Lima akun / unsur penting dari aktiva lancar adalah kas (cash), investasi jangka pendek (short term investment), piutang (account receivable), persediaan (inventory) dan pembayaran dimuka (prepaid expense).

Berikut ini adalah contoh aktiva lancar dalam sebuah neraca keuangan :

  • Kas (Cash) dilaporkan pada nilai ditetapkannya. Lalu dimana kas dilaporkan ? Pelaporannya tergantung disposisi dari kas. Suatu kas yang penggunaannya tidak dibatasi dilaporkan sebagai aktiva lancar, begitu juga kas yang penggunaannya dibatasi  untuk membayar kewajiban yang segera jatuh tempo. Namun jika pembatasan tersebut terjadi karena akan digunakan selain pelunasan hutang lancar, maka tidak boleh dilaporkan sebagai aktiva lancar, tapi sebagai aktiva lain-lain.=
  • Investasi Jangka Pendek (Short Term Investment). Dalam sekuritas investasi jangka pendek  dikelompokkan ke dalam tiga portfolio yang terpisah untuk tujuan penilaian dan pelaporan. Sekuritas yang dipegang hingga jatuh tempo (held-to-maturity) dan sekuritas yang tersedia untuk dijual (available-for-sale) dapat diklasifikasikan sebagai aktiva lancar atau tidak lancar tergantung kondisinya, sedang semua sekuritas yang tujuannya untuk diperdagangkan (trading) apakah itu sekuritas hutang atau ekuitas diklasifikasikan sebagai aktiva lancar.
  • Piutang (Account Receivable). Piutang diklasifikasikan sebagai aktiva lancar. Dan semua hal yang terkait dengan piutang seperti kerugian yang diantisipasi akibat piutang tidak tertagih, jumlah dan sifat dari piutang non dagang, serta setiap piutang yang didiskontokan atau digadaikan sebagai jaminan harus diidentifikasi dengan jelas.
  • Persediaan (Inventory),. Persediaan barang dagang harus diakui sebagai aktiva lancar. Dan untuk menyajikan persediaan secara tepat, dasar penilaian yaitu mana yang terendah antara biaya dan harga pasar, serta metode penetapan harga yaitu fifo, lifo dsb harus serta merta diungkapkan.
  • Beban Dibayar di Muka (Prepaid Expense). Beban dibayar dimuka yang termasuk dalam aktiva lancar adalah pengeluaran yang telah dilakukan untuk manfaat yang akan diterima dalam waktu satu tahun atau siklus operasi, tergantung mana yang lebih panjang.

Nah itulah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian aktiva lancar dan contohnya. Semoga teman-teman mengerti. Lihat juga pengertian liabilitas dan ekuitas :)