Materi akuntansi kali ini akan menjelaskan definisi dan jenis audit manajemen, konsep dasar audit manajemen & macam-macam pengertian audit manajemen.

Apa yang dimaksud dengan audit manajemen ? Apa itu audit manajemen ?

Pengertian Audit Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian audit manajemen adalah tindakan evaluasi semua kegiatan departemen perusahaan dengan maksud untuk memberikan saran yang tepat kepada manajemen. Dengan kata lain, audit manajemen adalah tugas yang berorientasi pada masa depan dengan mengevaluasi semua tingkatan manajemen usaha secara tepat waktu seperti manajemen produksi, manajemen penjualan dll. Tujuan audit manajemen adalah untuk meningkatkan kapasitas keuntungan produktif perusahaan, tujuan sosial perusahaan dan pengembangan sumber daya manusia sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan mudah.

Arti audit manajemen adalah proses pengevaluasian terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi dalam kinerja operasional perusahaan. Jenis audit manajemen terdiri dari 4 bagian yaitu audit operasional, audit kepatuhan, audit internal dan audit laporan keuangan.

Audit manajemen adalah proses audit yang terpusat pada analisis dan evaluasi prosedur manajemen serta kinerja organisasi secara keseluruhan. Audit manajemen dilakukan untuk menemukan kelemahan dan untuk mengadakan perbaikan dalam organisasi. Audit manajemen juga disebut dengan audit operasional audit audit kinerja.

Definisi audit manajemen adalah pengukuran dan pelaporan tentang efektivitas dari prosedur bisnis tertentu. Audit manajemen biasanya dilakukan secara internal. Tidak seperti audit kepatuhan yang hanya memastikan bahwa prosedur sedang diikuti, audit manajemen menantang asumsi dan tujuan tersebut dari prosedur, yaitu dengan tertuju pada peningkatan efisiensi. Audit manajemen juga bisa merekomendasikan perubahan dalam prosedur dan kebijakan tertentu akibat inefisiensi yang terjadi para perusahaan.

Audit manajemen adalah proses pengevalusian sekaligus penilaian yang sistematis terhadap metode dan kebijakan organisasi manajemen seperti kebijakan administrasi, penggunaan sumber daya, perencanaan taktis dan strategis, dan kebijakan karyawan yang bertujuan untuk memperbaiki organisasi di masa yang akan datang.

Audit manajemen adalah prosedur pemeriksaan kegiatan operasi suatu perusahaan seperti kebijakan akuntansi, kebijakan internal perusahaan dan kebijakan operasional untuk mengetahui apakah dalam kegiatan operasi perusahaan tersebut sudah dilakukan secara 3E yaitu efektif, efisien dan ekonomis.

Nah semoga kamu bisa memahami pengertian audit manajemen ini ya teman :)