Apa yang dimaksud dengan bank imprest / akun bank imprest ? Pengertian bank imprest/ pengertian akun bank imprest untuk operasi cabang itu sebenarnya apa sih ?

Pengertian Bank Imprest

Akun bank imprest adalah rekening yang digunakan untuk membuat sejumlah kas tertentu tersedia bagi tujuan terbatas. Rekening / akun bank imprest berfungsi sebagai rekening kliring untuk sejumlah besar cek atau untuk jenis cek tertentu. Jumlah khusus dan spesifik untuk dikliring melalui rekening imprest didepositokan melalui transfer dari rekening koran umum atau sumber lain. Rekening koran imprest seringkali digunakan untuk mengeluarkan cek gaji, deviden, komisi, bonus, beban-beban rahasia (misalnya, gaji pegawai) dan beban perjalanan.

Akun bank imprest untuk operasi cabang merupakan salah satu bentuk pengendalian kas dalam akuntansi perusahaan. Hal ini dikarenakan pembentukan rekening penagihan pada lokasi yang strategis dapat mempercepat arus kas ke dalam perusahaan dengan memperpendek waktu antara pengiriman pembayaran dari pelanggan dan penggunaan kas oleh perusahaan.

Itulah sedikut penjelasan mengenai pengertian bank imprest / akun bank imprest. Semoga bermanfaat !