Artikel kas opname ini akan menjelaskan pengertian kas opname / definisi cash opname / definisi kas opname.

Pengertian Cash Opname

Apa yang dimaksud dengan cash opname ? Apa itu cash opname ?

Cash opname artinya audit kas atau pemeriksaan kas secara fisik (uang logam dan uang kertas) dan membandingkan jumlah antara catatan akuntansi kas (mutasi kas) dengan uang kas yang dipegang saat ini baik itu uang yang di simpanan brankas ataupun yang ada di tangan / cash in on hand saat ini. Pemeriksaan kas secara fisik tidak terbatas pada uang kertas dan logam saja, cek, wesel dan giro juga wajib ikut di audit.

Cash opname yang berkaitan dengan kas kecil & kas opname harus dilakukan tepat pada tanggal neraca. Jika terdapat perbedaan / selisih antara saldo di buku besar dengan saldo fisik, maka selisihnya harus dikonfirmasi dan dimasukkan ke dalam kertas kerja pemeriksaan.

Dibawah ini adalah contoh formulir cash opname yang sering dipakai perusahaan-perusahaan dalam proses audit.

contoh formulir cash opname -contoh laporan stock opname

contoh formulir cash opname

Cash opname dan stock opname pada intinya adalah sama yaitu melakukan pemeriksaan fisik untuk mengecek kebenaran antara laporan akuntansi dengan realitanya, prosedur stock opname juga kurang lebih sama. Bedanya, dalam stock opname yang dicek adalah stok / persediaan barang sedangkan cash opname yang dicek adalah duitnya. Semoga penjelasan singkat mengenai pengertian cash opname ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Baca juga contoh program audit kas & perbedaan cek mundur dan cek kosong :)