Pengertian Ekuitas

Apa pengertian ekuitas dalam teori akuntansi ?

Ekuitas Pemilik (Owner’s Equity)

Pengertian ekuitas adalah tuntutan pemilik terhadap aktiva perusahaan. Dalam perusahaan perorangan atau persekutuan, ekuitas pemilik seringkali dipecah menjadi akun yang berbeda untuk mencatat nilai sisa ekuitas pemilik (owner’s capital balance) dan pengambilan pribadi (the owner’s withdrawals).

Contoh Ekuitas Dalam Akuntansi

Macam-macam ekuitas dalam akuntansi / jenis-jenis ekuitas dalam akuntansi adalah sebagai berikut :

  • Modal (Capital)

Modal / capital merupakan tuntutan pemilik terhadap aktiva perusahaan. Setelah kewajiban total dikurangkan dari aktiva total, maka sisanya adalah ekuitas pemilik. Besarnya investasi pemilik dalam usaha sama dengan jumlah investasi pemilik di dalam usaha ditambah laba bersih dan dikurangi kerugian bersih dan pengambilan pribadi oleh pemilik.

  • Pengambilan Pribadi (Withdrawals)

Withdrawals dalam akuntasi adalah menarik uang kas perusahaan untuk kepentingan pribadi. Akun ini menunjukkan pengurangan dalam ekuitas pemilik.

  • Pendapatan (Revenues)

Pengertian pendapatan adalah penambahan dalam ekuitas pemilik karena adanya pengiriman barang atau jasa kepada para pelanggan atau klien. Contoh jenis pendapatan antara lain adalah pendapatan bunga, pendapatan sewa dan pendapatan jasa.

  • Beban / Pengeluaran (Expenses)

Expense adalah kebalikan dari pendapatan. Biaya dari operasi perusahaan disebut beban. Beban akan mengurangi ekuitas pemilik, seperti: beban gaji (salary expense), beban sewa (rent expense) dan beban iklan (advertising expense). Setiap perusahaan akan berusaha untuk meminimumkan beban yang dikeluarkan sehingga dapat memaksimumkan keuntungan yang diterima.

Nah itulah penjelasan materi ekuitas pemilik mengenai arti dari ekuitas pemilik dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga pengertian liabilitas dalam akuntasi & pengertian beban dibayar dimuka :)