Materi akuntansi kali ini akan menjelaskan pengertian just in time dalam manajemen operasional / pengertian just in time dalam akuntansi biaya / akuntansi manajemen.

Pengertian Just In Time

Apa itu just in time (jit) ? Apa yg dimaksud dengan just in time / definisi just in time ?

Just In Time adalah sebuah teknik / sistem untuk menghilangkan segala aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah atau kontribusi bagi sebuah produk atau jasa.

Pengertian just in time dalam akuntansi manajemen adalah suatu kegiatan operasi manajemen dimana seluruh sumber daya akan dipakai hanya sebatas yang dibutuhkan saja tidak kurang dan tidak lebih. Dengan sistem Just In Time, perusahaan akan membuat sebuah produk HANYA jika dibutuhkan saja dan HANYA dalam jumlah yang diminta oleh para konsumennya dan tidak akan ada yang namanya TIMBUNAN barang.

Tujuan just in time atau manfaat just in time adalah untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan kata lain, Just In Time adalah sistem yang berguna untuk mengurangi atau menghilangkan persediaan untuk memangkas biaya-biaya operasional perusahaan.

Konsep Just In Time

Konsep just in time adalah sebagai berikut :

  • Berfokus pada simplicity / kesederhanaan & tepat waktu
  • Standar mutu yang tinggi
  • Memusnahkan segala aktivitas yang tidak memberikan manfaat
  • Menjunjung upaya perbaikan yang selalu berkelanjutan.

Nah semoga teman-teman bisa memahami tentang pengertian just in time ini. Baca juga contoh just in time pada perusahaan :)