Apa yang dimaksud dengan kewajiban jangka panjang? Apa pengertian / definisi kewajiban tidak lancar ? Bagaimana akuntansi keuangan kewajiban jangka panjang? Apa contoh kewajiban tidak lancar ?

Pengertian Kewajiban Jangka Panjang Dalam Akuntansi

Kewajiban jangka panjang merupakan nama lain dari hutang jangka panjang (long term liabilities) dan kewajiban tidak lancar (non current liabilities).

Pengertian kewajiban jangka panjang menurut para ahli dan pengertian kewajiban jangka panjang menurut PSAK adalah :

Kewajiban Jangka Panjang adalah kewajiban yang diperkirakan secara memadai tidak akan dilikuidasi dalam siklus operasi normal, melainkan akan dibayar diluar tanggal waktu tersebut. Kewajiban jangka panjang disajikan dalam beberapa kelompok seperti, hutang obligasi, wesel bayar, sebagian pajak penghasilan yang ditangguhkan, kewajiban pensiun dan lain-lain.

Contoh Kewajiban Jangka Panjang

Kewajiban jangka panjang terdiri dari tiga jenis yaitu :

  • Kewajiban yang berasal dari operasi normal perusahaan, seperti kewajiban pensiun dan kewajiban pajak penghasilan yang ditangguhkan.
  • Kewajiban yang berasal dari situasi pembiayaan khusus, seperti wesel bayar jangka panjang, kewajiban leasing jangka panjang, dan penerbitan obligasi.
  • Kewajiban yang tergantung pada terjadi tidaknya suatu kejadian di masa depan atau disebut kewajiban bersyarat (contingent liabilities) seperti kewajiban garansi.

Itulah pengertian kewajiban jangka panjang dalam akuntansi beserta contoh kewajiban tidak lancarnya. Mudah bukan ? Semoga materi pengertian hutang jangka panjang dan contohnya ini bisa menambah wawasan kamu.

Baca juga pengertian kewajiban lancar dalam akuntansi supaya kamu lebih memahami perbedaan kewajiban jangka panjang dan jangka pendek :)