Materi akuntansi kuasi reorganisasi ini akan menjelaskan apa itu kuasi reorganisasi dan tujuan kuasi reorganisasi / manfaat kuasi reorganisasi.

Pengertian Kuasi Reorganisasi

Apa yang dimaksud dengan kuasi reorganisasi ? Apa arti kuasi reorganisasi ?

Kuasi reorganisasi adalah prosedur akuntansi untuk merestrukturisasi perusahaan dengan cara menilai kembali akun-akun aktiva dan kewajiban perusahaan pada nilai wajar dan mengeliminasi saldo defisit tanpa melalui proses reorganisasi secara hukum. Mengapa manajemen melakukan tindakan kuasi reorganisasi ? Alasan perusahaan melakukan kuasi reorganisasi adalah karena perusahaan ingin restart dengan modal yuridis baru tanpa perlu dibebani defisit yang diharapkan nantinya perusahaan tersebut bisa survive / sehat dan melanjutkan usahanya secara lebih baik serta dapat membagi deviden bagi para pemegang saham.

Dengan kata lain kuasi organisasi adalah sebuah teknik / cara untuk menyajikan kembali posisi keuangan secara lebih baik sekaligus menyelamatkan perusahaan yang terbebani defisit yang material padahal perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kuasi reorganisasi. Semoga bermanfaat ! Lihat juga mekanisme kuasi reorganisasi & pengertian penyesuaian retroaktif :)