Pengertian Neraca Saldo Menurut Para Ahli

Apa pengertian neraca sisa / pengertian neraca saldo dalam akuntansi ?

Pengertian neraca saldo sebelum penyesuaian

Neraca sisa dan neraca saldo adalah SAMA. Bahasa inggrisnya sama-sama trial balance (before adjusted). Neraca saldo atau neraca sisa adalah neraca yang memuat akun dengan nilai sisanya setelah transaksi-transaksi dalam periode tersebut dicatat dalam jurnal dan dipindahkan ke dalam akun di buku besar. Neraca sisa merupakan proses persiapan laporan keuangan pada akhir periode.

Berikut ini adalah contoh neraca saldo perusahaan jasa dari kantor Akuntan Pubik Nicholas per tanggal 30 Juni 2015

contoh neraca sisa perusahaan dagang

Dalam neraca sisa yang belum disesuaikan ini terdapat hampir semua pendapatan dan beban perusahaan. Dikatakan hampir semua, karena masih ada pendapatan dan beban yang belum termasuk dalam neraca sisa ini, yaitu pendapatan dan beban yang mempunyai pengaruh lebih dari satu periode akuntansi. Itulah sebabnya neraca ini disebut dengan neraca sisa yang belum disesuaikan. Walaupun demikian, dalam sebagian besar kasus, neraca ini disebut sebagai neraca sisa saja, tanpa label’ belum disesuaikan’.

Dengan akuntansi berbasis kas, maka penyesuaian terhadap akun tidak diperlukan karena seluruh transaksi kas di bulan Juni sudah dicatat. Sedangkan akuntansi basis akrual membutuhkan ayat jurnal penyesuaian pada akhir periode karena bertujuan untuk mendapatkan nilai sisa yang tepat bagi laporan keuangan.

Semoga kamu mengerti tentang pengertian neraca saldo / neraca sisa dalam akuntansi :)

Lihat juga pengertian jurnal penutup dan contohnya & pengertian neraca lajur