Apa pengertian dari pengangguran struktural, contoh pengangguran struktural dan penyebab pengangguran struktural ?

Pengertian Pengangguran Struktural (structural unemployment)

Pengertian pengangguran struktural dan contohnya :

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan barang dan jasa yang diminta tidak dapat dipenuhi oleh tenaga kerja yang ada. Hal ini disebabkan karena keahlian, pekerjaan, industri atau lokasi geografi dari tenaga kerja tidak sesuai dengan kriteria barang dan jasa yang diminta oleh masyarakat. Atau dengan kata lain perubahan struktur ekonomi juga akan mengubah struktur tenaga kerja yang dibutuhkan.

Beberapa puluh tahun yang lalu, pertanian masih merupakan struktur yang utama di Indonesia. Barang dan jasa yang dibutuhkan pada saat itu boleh dikatakan masih sederhana, tidak diperlukan keahlian yang tinggi. Namun jaman semakin maju, demikian juga teknologi. Sebagai contoh, saat ini banyak dibutuhkan barang yang mempergunakan teknologi canggih seperti internet atau handphone. Untuk menghasilkan barang seperti itu dibutuhkan tenaga ahli komputer dan juga tenaga ahli telekomunikasi. Contoh yang lain adalah, saat ini jasa pariwisata juga semakin berkembang, hubungan dengan luar negeri juga semakin terbuka, oleh karena itu banyak dibutuhkan tenaga manusia yang mahir dalam pelayanan dengan standar internasional disamping juga harus menguasai minimal bahasa Inggris yang baik. Bila semua kebutuhan akan tenaga kerja yang mempunyai spesifikasi seperti dicontohkan di atas tidak dapat dipenuhi, maka akan terjadi pengangguran structural.

Ada anggapan bahwa orang yang menganggur karena perubahan struktur ekonomi adalah orang yang menganggur secara sukarela. Sebab pekerjaan sebetulnya ada, hanya saja tidak sesuai dengan keahliannya dan biasanya upah yang ditawarkan lebih rendah dari pada upah yang diinginkan.

Lihat juga pengertian pengangguran friksional & pengertian pengangguran siklikal supaya kamu tahu perbedaan pengangguran friksional dan struktural :)