Artikel target costing kali ini akan menjelaskan pengertian target costing dalam manajemen biaya / target costing dalam akuntansi manajemen.

Pengertian Target Costing Dalam Akuntansi Manajemen

Apa yang dimaksud dengan target costing ? Apa itu target costing ?

definisi target costing menurut para ahli :

Target costing adalah sebuah sistem di mana perusahaan merencanakan berapa besar harga produk, biaya produk, dan seberapa besar tingkat margin yang ingin dicapai untuk produk baru. Jika perusahaan tidak dapat memproduksi produk pada tingkat yang direncanakan tersebut, maka perusahaan bisa membatalkan proyek ini secara keseluruhan. Dengan target costing, tim manajemen perusahaan memiliki alat yang ampuh untuk terus memantau produk dari saat produk memasuki tahap desain sampai akhir siklus hidup produk. Target costing dianggap sebagai salah satu alat yang paling penting untuk mencapai profitabilitas yang konsisten dalam lingkungan usaha sekarang ini.

Target costing adalah proses penentuan harga biaya aktual dari setiap produk atau jasa setelah mempertimbangkan tingkat keuntungan / margin yang diinginkan. Rumus sederhananya adalah Target Costing = harga jual  yang diharapkan laba yang diinginkan.

Target costing adalah sistem akuntansi biaya yang menyediakan informasi bagi manajemen untuk memantau perkembangan yang sudah dicapai dalam pengurangan biaya produk menuju target cost yang telah ditetapkan. Target cost adalah perbedaan antara harga jual produk atau jasa yang diperlukan untuk mencapai pangsa pasar tertentu dengan laba per satuan yang diharapkan. Jika target cost di bawah harga pokok produk yang sekarang dapat dicapai, maka manajemen harus merencanakan program pengurangan biaya untuk menurunkan biaya yang sekarang dikonsumsi untuk menghasilkan produk ke target cost.

Semoga penjelasan tentang target costing ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian transfer pricing dalam akuntansi manajemen  :)