Materi kali ini akan menjelaskan pengertian tingkat penganggguran, pengertian pengangguran struktural, pengertian pengangguran friksional / frictional unemployment dan pengertian pengertian pengangguran siklis.

Pengertian Tingkat Pengangguran

Tingkat pengangguran adalah angka yang diperoleh dari jumlah orang yang menganggur dibagi jumlah angkatan kerja dikali dengan 100 persen. Pengangguran sendiri berarti jumlah orang yang berada pada usia kerja dan sedang mencari pekerjaan.

Pengangguran di suatu negara tidak mungkin hilang sama sekali karena ada pengangguran yang disebut pengangguran friksional (frictional unemployment) yaitu pengangguran karena masuknya tenaga kerja baru seperti orang yang baru lulus sekolah dan juga orang yang berganti pekerjaan atau orang yang dipecat. Selain itu juga ada pengangguran structural (structural unemployement) yaitu pengangguran yang terjadi karena perekonomian berubah sehingga penawaran dan permintaan tenaga kerja juga berubah.

Jadi yang disebut full employment bila yang hilang hanya pengangguran siklikal (cyclical unemployment) yaitu pengangguran yang disebabkan adanya siklus bisnis.

Pengangguran penting untuk dipelajari karena pengangguran merupakan salah satu indikator ekonomi makro dan menyebabkan sumber daya terbuang percuma. Selain itu, bagi orang yang menganggur akan menyebabkan masalah misalkan stres.